Apa itu Fisika? Pengertian, Macam-macam, Contoh-contoh Besaran dan Dimensi

Hai kawan-kawan, disini saya akan menjelaskan APA ITU BESARAN? MACAM-MACAM BESARAN ADA APA AJA SIH? CONTOHNYA? Semua bisa kalian lihat disini. Tetatpi bukan cuma BESARAN saja, disini saya juga akan menjelaskan APA ITU DIMENSI, mulai dari Pengertian hingga Contoh nya dalam FISIKA. Sebelum menjelaskan Besaran mungkin disini ada yang belum tau pengertian Fisika

-Fisika (Bahasa Yunaniφυσικός (fysikós), "alamiah", dan φύσις (fýsis), "alam") adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja. Besaran selalu berdekatan dengan Dimensi Besaran. Apasih dimensi besaran itu? Dimensi Besaran adalah cara suatu besaran tersusun dari besaran besaran pokok. Contoh-contoh dimensi akan saya perlihatkan dibawah paragraf ini. Dan mungkin langsung saja ke pembahasan tentang Besaran.



- BESARAN.Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan nilainya dengan angka-angka serta mempunyai satuan.

~Macam-macam Besaran

Besaran dibagi menjadi 2 bagian.
A. Besaran Pokok. 
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu untuk menentukan satuan pada besaran lainnya. Ada 7 besaran pokok dalam fisika
  1. Panjang (l) satuannya meter/m dimensinya L. (1 meter ialah panjang lintasan yang ditempuh oleh cahaya pada ruang vakum dalam selang waktu 1/299 792 458 second)
  2. Massa (m) satuannya kilogram/kg dimensinya M. (1 kilogram ialah massa sebuah silinder platinum-iridium yang memiliki tinggi dan diameter 3.9 cm)
  3. Waktu (t) satuannya Sekon/s dimensinya T. (1 second ialah selang waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9 192 631 770)
  4. Suhu (T) satuannya Kelvin/K dimensinya θ. (0 kelvin ialah 0 absolut (kondisi dalamtermodinamika dimana partikel-partikel penyusun materi berhenti bergerak)
    1 kelvin ialah pecahan 1/273.16 dari temperatur termodinamika triple point air)
  5. Kuat Arus (l) satuannya Ampere/A dimensinya I. (1 ampere ialah arus yang mengalir pada dua penghantar lurus paralel pada ruang vakum dengan jarak pisah 1 meter dengan panjang masing-masing penghantar tak hingga dan luas penampang diabaikan yang akan menghasilkan gaya tarik-menarik sebesar 2 x 10-7 N/m)
  6. Intensitas Cahaya (In) satuannya Candela/d dimensinya J. (1 candela ialah intensitas cahaya pada arah tertentu dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 Hz dan mempunyai intensitas radian pada arah 1/683 watt per steradian.)
  7. Jumlah zat (n) satuannya MOL dimensinya N.(1 mol ialah jumlah zat penyusun suatu unsur sebanyak jumlah atom pada 0.012 kg atom Carbon-12.)
Agar lebih jelas akan saya tampilkan tabelnya
http://fisikaclubsmkn2.blogspot.com/

B. Besaran Turunan.
Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok atau diperoleh dari hasil perkalian/pembagian atas besaran pokok. Ada 6 contoh besaran turunan
  1. Luas (A) satuannya m2 
  2. Kecepatan (v) satuannya m/s1
  3. Percepatan (a) satuannya m/s2
  4. Massa Jenis (p) satuannya kg/m3
  5. Gaya (F) satuannya N
  6. Tekanan (P) satuannya Pa








Bagaimana kawan-kawan? Sudah jelas? Jika ada yang belum jelas silahkan langsung ditanyakan di kolom komentar. Jangan lupa share ya kawan-kawan. Mohon maaf atas segala kesalahan kata. Terima Kasih.
Rumus diatas:
  1. Luas (panjang dikali panjang)
  2. Kecepatan (panjang/jarak dibagi waktu)
  3. Percepatan (jarak/panjang dibagi dengan waktu pangkat dua)
  4. Massa Jenis (massa dibagi dengan panjang pangkat tiga (volume))
  5. Gaya (massa dikali (panjang dibagi waktu pangkat dua))
  6. Tekanan (massa dibagi dengan (massa dikali waktu pangkat dua))

Jangan lupa lihat:

1. Membahas lengkap tentang SATUAN dalam FISIKA termasuk SI (Satuan Internasional): http://misanfauzan.blogspot.com/2018/08/pengertian-macam-macam-sistem-satuan.html

2. Membahas lengkap tentang SENI RUPA termasuk aspek-aspek di dalamnya: http://misanfauzan.blogspot.com/2018/08/apa-itu-fisika-pengertian-macam-macam.html

3.  Membahas lengkap tentang GARIS dalam DESAIN GRAFIS, Lengkap!!: http://misanfauzan.blogspot.com/2018/08/pengertian-garis-dalam-desain-grafis.html



thanks to:
https://id.wikipedia.org
https://www.studiobelajar.com
http://fisikaclubsmkn2.blogspot.com/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Fisika? Pengertian, Macam-macam, Contoh-contoh Besaran dan Dimensi"

Posting Komentar